RPP GAYA
“RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN”
GAYA

Disusun oleh:
QORI NAILI ZAHROTUL FUADA
AIC316027
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2019
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan
|
: SMA N
3 MUARO JAMBI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
FISIKA
|
|
Kelas /
Semester
|
: X/I
|
|
Alokasi
Waktu
|
: 45 x
2 menit
|
|

A. Kompetensi Inti
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI
3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah

B.
Kompetensi
Dasar

C.
Indikator
1.1.1 Menjelaskan pengertian gaya
1.1.2 Mengidentifikasikan pengaruh gaya terhadap
benda yang dikenainya
1.1.3 Menyebutkan jenis-jenis gaya
1.1.4 Mengukur gaya
1.1.5 Menganalisis penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada benda

D.
Tujuan
Pembelajaran

Setelah mengikuti
pembelajaran ini peserta didik dapat:
1.
Memahami
konsep gaya melalui kegiatan
pengamatan, dan bertanya dengan penuh kerjasama.
2.
Mendeskripsikan
perbedaan macam-macam gaya serta perubahan yang ditimbulkannya melalui proses menanya dan diskusi dengan penuh kedisiplinan.
3. Menentukan arah dari macam-macam
gaya melalui proses mengamati dan
berdiskusi dengan penuh ketelitian.
Materi
Pengertian gaya
Gaya adalah tarikan atau dorongan yang menyebabkan perubahan gerak atau
benda. Gaya merupakan besaran vector dengan lambang F
Rumus gaya adalah sebagai berikut :

Jenis gaya
- Gaya
Gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik benda menuju pusat
benda tersebut.
- Gaya berat adalah gaya yang bekerja pada suatu benda karena
pengaruh dari jumlah massa dan gravitasi bumi.
- Gaya Gesek adalah gaya yang berlawanan arah dengan arah gerak
benda.
- Gaya Normal adalah gaya yang bekerja pada benda yang
bersentuhan, di mana arah gaya normal tegak lurus bidang sentuh.

F. Metode Pembelajaran
1.
|
Model
|
: Cooperative Learning
|
2.
|
Metode
|
:
Pengamatan dan diskusi
|

G. Kegiatan Pembelajaran






Kegiatan
|
Sintaks
|
Deskripsi
|
Alokasi
|
||||
Waktu
|
|||||||
Pendahuluan
|
Fase 1 :
|
1.
|
Memberikan salam pembuka
|
15
|
|||
Menyampaikan
|
2.
|
Menanyakan
|
kabar,
|
lalu
|
Menit
|
||
tujuan
|
dan
|
memimpin
doa
|
|||||
memotivasi
peserta
|
3.
|
Mengecek
|
kehadiran
|
peserta
|
|||
didik
|
didik dan
mengecek
|
kesiapan
|
|||||
Belajar
|
4.
Memberikan motivasi dengan
menampilakan gambar berbagai macam gaya
5.
Memberikan apersepsi berupa
pertanyaan mengingat kembali pengertian gaya
Susuai dengan tema kemaren kita membahasan
mengenai......
Mengingat sebenar ibu mau tanya ada yang masih
ingat apa itu gaya? Apa itu dorongan atau tarikan?
6. Mengemukakan
tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai pada pertemuan ini

Fase 2:
|
Mengamati (M1)
|
50
|
||||
Mengidentifikasi
|
1.
Mengorganisasikan peserta didik
|
menit
|
||||
peserta
|
didik ke
|
(4-5 orang
dalam
|
kelompok).
|
|||
Kehidupan
Sehari-hari” Peserta
didik diminta untuk melakukan
percobaan mengenai berbagai
macam jenis gaya, mengukur
gaya, dan menjumlahkan gaya
serta
pengaruhnya pada benda
2.
Peserta didik mencatat hasil
percobaan dan diskusi pada tabel dalam LKPD yang telah disediakan
Mengasosiasi (M4)
1.
Peserta didik diminta untuk
berdiskusi serta menganalisis hasil percobaan yang dipandu
Fase 5:
|
dengan
|
menggunakan
|
LKPD
|
|||||
Mempresentasikan
|
“Gaya Pada Kehidupan Sehari-
|
|||||||
hasil
investigasi
|
hari”
|
|||||||
2. Peserta didik dibimbing oleh guru
|
||||||||
Fase 6:
|
dalam
melakukan diskusi
|
|||||||
Evaluasi
|
||||||||
Mengkomunikasikan (M5)
|
||||||||
1. Peserta didik menyimpulkan hasil
|
||||||||
diskusi yang telah dilakukan dan
|
||||||||
menjawab pertanyaan
|
yang ada
|
|||||||
pada
LKPD
|
||||||||
2.
Peserta
|
didik
|
mempresentasikan
|
||||||
hasil dari diskusi dan di tanggapi
|
||||||||
oleh
kelompok lain
|
||||||||
Penutup
|
1.
|
Mengklarifikasi
|
dan
|
15
|
||||
menambahkan materi mengenai
|
Menit
|
|||||||
penjumlahan
gaya
|
||||||||
2.
|
Melakukan
|
refleksi
|
bahwa
|
|||||
semua kegiatan sehari-hari yang
|

kita lakukan
kita terlepas dari
gaya
3. Memberikan pujian kepada
individu yang memiliki kinerja
yang baik
4.
Guru memberikan soal sebagai
penilaian kepada peserta didik
5.
Memimpin doa dan memberikan salam
penutup

H.
Alat,
Bahan dan Media Pembelajaran
1. Media
Pembelajaran
a. Gambar
jenis-jenis gaya
b. LKPD “Gaya
Pada Kehidupan Sehari-hari”
2. Alat dan
Bahan
a. Gambar
b. Buku
I.
Sumber
Belajar

1. Guru :
a.
Buku Guru : Wahyono Widodo, dkk.
2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta
: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
b. Tipler,
P.A. (1998). Fisika untuk Sains dan
Teknik. Jakarta: Erlangga.
c. Umar Y.
1996. Fisika Mekanik. Jakarta:
Gunadarma.
Penilaian
Ø Afektif
v Instrumen
Penilaian
1.
Penilaian Sikap
Lembar Observasi Penilaian Sikap Siswa dalam Pembelajaran
No.
|
Nama
Siswa
|
Indikator
Sikap yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
||
Disiplin
|
Kerjasama
|
Tanggung
jawab
|
|||
Kriteria
Disiplin
Skor 3 : Mengumpulkan tugas dan datang tepat waktu.
Skor 2 : Datang tepat waktu dan
mengumpulkan tugas terlambat.
Skor 1 : Mengumpulkan tugas dan datangterlambat.
Kerjasama
Skor 3 : Melakukan praktikum secara
diskusi dengan semua teman kelompoknya.
Skor 2 : Melakukan praktikum secara
diskusi dengan beberapa teman kelompoknya .
Skor 1 : Melakukan praktikumsendiri
tanpa diskusi dengan teman
sekelompoknya.
Tanggung jawab
Skor 3 : Siswa ikut serta dalam
pembelajaran dan memperhatikan Guru ketika diterangkan.
Skor 2 : Siswa ikut serta dalam
pembelajaran dan kurang memperhatikan
Guru ketika diterangkan
Skor 1 : Siswa ikut serta dalam
pembelajaran dan tidak memperhatikan Guru ketika diterangkan
Rubric Penilaian
·
Skor 1
sampai dengan 3.
·
Skor
maksimum = skor maks setiap indikator x jml indikator= 3x5= 15
·
Nilai sikap
ilmiah dapat diberikan dalam bentuk huruf,oleh karena itu total skor yang telah
diperoleh harus dikonversi.
Skor total jawaban siswa
·
Konversi Nilai =
-------------------------------- X 100
Skor maksimum
Ø Psikomotor
v Instrumen
Penilaian
1. Observasi
Berupa
ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen.
a.
Penilaian
Kinerja Ilmiah
Lembar Observasi Pelaksanaan
Praktikum Fisika di Laboratorium
Komponen
|
Indikator
|
Skor
|
Jumlah
|
||
1
|
2
|
3
|
Skor
|
||
Persiapan
|
a.
Memilih alat
dan bahan
b.
Mengevaluasi
alat dan bahan
|
||||
Pelaksanaan
pengumpulan data
|
a.
Mengoperasikan
alat
b.
Menentukan
atau memperoleh data yang valid (akurat dan terpercaya)
|
||||
Kegiatan akhir
praktikum
|
a.
Merapikan
alat
b.
Membersihkan
alat dan bahan
|
Kriteria
·
Persiapan
a. Mempersiapkan alat dan
bahan
Skor
3 :
Jika alat dan bahan disiapkan dengan sempurna, sesuai dengan langkah-langkah kegiatan
Skor
2 : Jika alat dan bahan disiapkan oleh laboran, tetapi ikut memandu menentukan
alat dan bahan
Skor
1 : Jika tidak ikut menyiapkan alat dan bahan, hanya pasif menunggu orang lain
yang menyiapkan
b. Mengevaluasi Alat dan
Bahan:
Skor
3: Jika alat dan bahan sudah lengkap sesuai dengan standar praktikum
Skor
2: Jika alat sudah lengkap tetapi bahan kurang lengkap atau sebaliknya
Skor
1 : Jika alat dan bahan kurang lengkap
·
Pelaksanaan
pengumpulan data
a. Mengoperasikan alat
Skor
3 : Jika mengoperasikan alat dengan
kelompoknya dengan baik dan tepat
Skor 2 : Jika
dalam mengoperasikan alat dengan kelompoknya dan dibantu oleh orang lain
Skor 1 : Jika
dalam mengoperasikan alat dibantu oleh orang lain
b. Menentukan atau
memperoleh data yang valid (akurat dan terpercaya)
Skor
3 :
Jika melakukan percobaan, mengamati semua variabel dan mencatat hasilnya dengan
cermat
Skor
2 :
Jika melakukan percobaan, mengamati percobaan, tetapi ada sebagian variabel
yang tidak diamati dan dicatat
Skor 1 : Jika hanya ikut mengamati dan mencatat hasil dengan
cermat
·
Kegiatan
akhir praktikum
a. Merapikan alat
Skor
3 : Jika alat dirapikan seperti kaadaan semula
Skor
2 : Jika alat dirapikan oleh orang lain
Skor
1 : Jika alat tidak dirapikan
b. Membersihkan alat atau
bahan
Skor
3 : Jika alat dan bahan dibersihkan
Skor
2 : Jika alat dan bahan dibersihkan oleh orang lain
Skor
1 : Jika alat dan bahan tidak dibersihkan
Rubric Penilaian
·
Skor 1
sampai dengan 3.
·
Skor
maksimum = skor maks setiap indikator x jml indikator= 3x6= 18
Jumlah skor yang dicapai
Nilai
= -------------------------------- X
10
Skor maksimum
Komentar
Posting Komentar