SALINAN
LAMPIRAN
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 13
TAHUN 2007 TANGGAL 17 APRIL 2007
TENTANG
STANDAR KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
A.
KUALIFIKASI
Kualifikasi Kepala Sekolah/Madrasah terdiri atas Kualifikasi Umum, dan
Kualifikasi Khusus.
1.
Kualifikasi
Umum Kepala Sekolah/Madrasah adalah sebagai berikut:
a. Memiliki
kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan atau
nonkependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi;
b.
Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah
berusia setinggi-tingginya 56 tahun;
c.
Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya
5 (lima) tahun menurut jenjang sekolah masing-masing, kecuali di Taman
Kanak-kanak /Raudhatul Athfal (TK/RA) memiliki pengalaman mengajar
sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di TK/RA; dan
d.
Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi
pegawai negeri sipil (PNS) dan bagi non-PNS disetarakan dengan kepangkatan yang
dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.
2. Kualifikasi Khusus Kepala Sekolah/Madrasah meliputi:
a. Kepala
Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA) adalah sebagai berikut:
1)
Berstatus sebagai guru TK/RA;
2)
Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru TK/RA;
dan
3)
Memiliki sertifikat kepala TK/RA yang
diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
.
b. Kepala
Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) adalah sebagai berikut:
1)
Berstatus sebagai guru SD/MI;
2)
Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SD/MI;
dan
3)
Memiliki sertifikat kepala SD/MI yang
diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
c. Kepala
Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) adalah sebagai berikut:
1)
Berstatus sebagai guru SMP/MTs;
2)
Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru
SMP/MTs; dan
3)
Memiliki sertifikat kepala SMP/MTs yang
diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
d. Kepala
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) adalah sebagai berikut:
1)
Berstatus sebagai guru SMA/MA;
2)
Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru
SMA/MA; dan
3)
Memiliki sertifikat kepala SMA/MA yang
diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
e. Kepala
Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) adalah sebagai
berikut:
1)
Berstatus sebagai guru SMK/MAK;
2)
Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru
SMK/MAK; dan
3)
Memiliki sertifikat kepala SMK/MAK yang
diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
d. Kepala Sekolah
Dasar Luar Biasa/Sekolah Menengah Pertama
Luar Biasa/Sekolah Menengah
Atas Luar Biasa (SDLB/SMPLB/SMALB) adalah sebagai berikut:
1)
Berstatus sebagai guru pada satuan pendidikan
SDLB/SMPLB/SMALB;
2)
Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru
SDLB/SMPLB/SMALB; dan
3)
Memiliki sertifikat kepala SLB/SDLB yang
diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah.
e. Kepala Sekolah
Indonesia Luar Negeri adalah sebagai berikut:
1) Memiliki
pengalaman sekurang-kurangnya 3 tahun sebagai kepala sekolah;
2) Memiliki
sertifikat pendidik sebagai guru pada salah satu satuan pendidikan; dan
3) Memiliki
sertifikat kepala sekolah yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan
Pemerintah.
2
B.
KOMPETENSI
NO.
|
DIMENSI
|
|
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Kepribadian
|
1.1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan
|
|
|
|
|
tradisi akhlak mulia, dan
menjadi teladan akhlak
|
|
|
|
mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Memiliki integritas kepribadian sebagai
|
|
|
|
pemimpin.
|
|
|
|
|
|
|
1.3
|
Memiliki keinginan yang kuat dalam
|
|
|
|
pengembangan diri sebagai
kepala
|
|
|
|
sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|
|
1.4
|
Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas
|
|
|
|
pokok dan fungsi.
|
|
|
|
|
|
|
1.5
|
Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah
|
|
|
|
dalam pekerjaan sebagai
kepala sekolah/
|
|
|
|
madrasah.
|
|
|
|
|
|
|
1.6
|
Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai
|
|
|
|
pemimpin pendidikan.
|
|
|
|
|
2
|
Manajerial
|
2.1
|
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah
|
|
|
|
untuk berbagai tingkatan perencanaan.
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah
|
|
|
|
sesuai dengan kebutuhan.
|
|
|
|
|
|
|
2.3
|
Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka
|
|
|
|
pendayagunaan sumber daya
sekolah/
|
|
|
|
madrasah secara optimal.
|
|
|
|
|
|
|
2.4
|
Mengelola perubahan dan pengembangan
|
|
|
|
sekolah/madrasah menuju
organisasi
|
|
|
|
pembelajar yang efektif.
|
|
|
|
|
|
|
2.5.
Menciptakan budaya dan iklim sekolah/
|
|
|
|
|
madrasah yang kondusif
dan inovatif bagi
|
|
|
|
pembelajaran peserta didik.
|
|
|
|
|
|
|
2.6
|
Mengelola guru dan staf dalam rangka
|
|
|
|
pendayagunaan sumber daya
manusia secara
|
|
|
|
optimal.
|
|
|
|
|
|
|
2.7 Mengelola sarana dan prasarana sekolah/
|
|
|
|
|
madrasah dalam rangka pendayagunaan secara
|
|
|
|
optimal.
|
|
|
|
|
3
NO.
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
|
|
|||
|
|
|
||
|
|
2.8
Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan
|
||
|
|
|
masyarakat dalam rangka
pencarian dukungan
|
|
|
|
|
ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah/
|
|
|
|
|
madrasah.
|
|
|
|
|
||
|
|
2.9
Mengelola peserta didik dalam rangka
|
||
|
|
|
penerimaan peserta didik
baru, dan
|
|
|
|
|
penempatan dan
pengembangan kapasitas
|
|
|
|
|
peserta didik.
|
|
|
|
|
||
|
|
2.10 Mengelola pengembangan kurikulum dan
|
||
|
|
|
kegiatan pembelajaran
sesuai dengan arah dan
|
|
|
|
|
tujuan pendidikan nasional.
|
|
|
|
|
||
|
|
2.11. Mengelola keuangan sekolah/madrasah
sesuai
|
||
|
|
|
dengan prinsip
pengelolaan yang akuntabel,
|
|
|
|
|
transparan, dan efisien.
|
|
|
|
|
||
|
|
2.12 Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah
|
||
|
|
|
dalam mendukung
pencapaian tujuan sekolah/
|
|
|
|
|
madrasah.
|
|
|
|
|
||
|
|
2.13 Mengelola unit layanan khusus sekolah/
|
||
|
|
|
madrasah dalam mendukung
kegiatan
|
|
|
|
|
pembelajaran dan kegiatan
peserta didik di
|
|
|
|
|
sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.14
|
Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah
|
||
|
|
|
dalam mendukung
penyusunan program dan
|
|
|
|
|
pengambilan keputusan.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.15
|
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi
|
||
|
|
|
bagi peningkatan
pembelajaran dan manajemen
|
|
|
|
|
sekolah/madrasah.
|

2.16 Melakukan
monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/
madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

3
Kewirausahaan
3.1
Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan
sekolah/madrasah.

3.2 Bekerja
keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi
pembelajar yang efektif.

4
NO.
|
DIMENSI
|
|
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam
|
|
|
|
melaksanakan tugas pokok
dan fungsinya
|
|
|
|
sebagai pemimpin sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|
|
3.4
|
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi
|
|
|
|
terbaik dalam menghadapi
kendala yang
|
|
|
|
dihadapi sekolah/madrasah.
|
|
|
|
|
|
|
3.5
|
Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola
|
|
|
|
kegiatan produksi/jasa
sekolah/madrasah
|
|
|
|
sebagai sumber belajar peserta didik.
|
|
|
|
|
4
|
Supervisi
|
3.1
|
Merencanakan program supervisi akademik
|
|
|
|
dalam rangka peningkatan
profesionalisme
|
|
|
|
guru.
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Melaksanakan supervisi akademik terhadap
|
|
|
|
guru dengan menggunakan
pendekatan dan
|
|
|
|
teknik supervisi yang tepat.
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Menindaklanjuti hasil supervisi akademik
|
|
|
|
terhadap guru dalam
rangka peningkatan
|
|
|
|
profesionalisme guru.
|
|
|
|
|
5
|
Sosial
|
4.1
|
Bekerja sama dengan pihak lain untuk
|
|
|
|
kepentingan sekolah/madrasah
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial
|
|
|
|
kemasyarakatan.
|
|
|
|
|
|
|
4.3
|
Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau
|
|
|
|
kelompok lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL,
|
|
|
|
TTD.
|
|
|
|
BAMBANG SUDIBYO
|
Salinan sesuai dengan
aslinya.
Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan
Nasional,
Kepala Bagian Penyusunan
Rancangan
Peraturan
Perundang-undangan dan
Bantuan Hukum I,
Muslikh, S.H.
NIP 131479478
D: 1-5
5
6
Komentar
Posting Komentar